Monday, September 23, 2013

Intro PES Stats Player

Saya sangat menyukai game bola.
Mulai dari game fifa 97 di sega, Winning eleven di PS1 dan PS2 dan sejak awal tahun 2012 beranjak ke Pro Evolution Soccer a.k.a PES di PS2 dan terhenti di PS2. Maklum saya tidak mempunyai konsol game terbaru dan memang tidak tertarik untuk beranjak dari PS2.


Beberapa pemain bintang terlahir di beberapa generasi berbeda.
Saya membayangkan bagaimana bila melihat Pele muda bertarung melawan Maradona muda, Ronaldo Nazario alias Ronaldo botak di masa belum gendut melawan Cristiano Ronaldo alias Ronaldo ganteng atau Ronaldinho di masa jaya melawan Lionel Messi.
Namun semua itu tidak mungkin karena mereka berada pada generasi berbeda. Di saat Ronaldinho lagi hebat-hebatnya, Lionel Messi justru masih baru merintis karir awal di Barcelona.

Hanya di game-lah saya bisa menyatukan mereka semua. Namun tidak semuanya karena pemain klasik di game terbatas.

Sejak tahun 2009 saya membuat pemain klasik sendiri namun terkendala masalah stats pemainnya.
Jika saya membuat pemain klasik sendiri maka bagaimanakah saya menentukan skill atau stats pemain tersebut ? jika hanya bersumber dari saya maka itu sangat bersifat subjektif karena hanya berasal dari pengetahuan saya saja yng di dapat dari membaca, menonton berita dan mendengar cerita orang.

Saya coba bertanya ke om Google dan saya kemudian diperkenalkan dengan situs khusus yang menyediakan stats pemain. Situs tersebut bernama PES Stats Database atau disingkat PSD. Dari situlah dasar saya dalam membuat stats pemain klasik.

Awal tahun 2012 PSD mengalami perubahan. Stats pemain tidak disajikan secara klasik lagi atau stats seperti yang saya kenal selama ini.
Stats pemain mulai disajikan mengikuti stats game PES 2012 di PC yang membuat saya pusing dan tidak bisa memperkirakan kehebatan pemain tersebut karena tidak terbiasa.
Akhirnya saya berkenalan lagi dengan PES Classic Stats Forum atau disingkat PCS. Bagusnya dari PCS ini, karena berjudul klasik maka stats pemain pun masih disajikan dalam bentuk klasik. Akhirnya sejak saat itu PCS menjadi referensi saya dalam membuat pemain klasik.


Namun ada kekurangan dari 2 situs tersebut, yaitu kurangnya stats pemain asal Indonesia, bahkan di PCS sendiri belum ada.
Saya mempunyai akun terdaftar di PSD dan pernah membuat postingan beberapa stats pemain indonesia namun sejak PSD berubah saya mulai  jarang mengikuti perkembangan PSD. How about PCS ? mungkin nanti...... jika keinginan ada :)

Susah banget postingan saya diterima oleh PSD karena postingan saya dirasa over ability.
Setelah postingan saya diterima, bermunculan-lah postingan-postingan stats pemain Indonesia lainnya. Namun yang membuat saya kurang sreg adalah karena menurut saya stats yang dibuat terlalu under ability atau terlalu rendah sehingga percuma juga membuat pemain tersebut karena pada akhirnya tidak berguna dalam tim dan kita-pun enggan memainkannya karena terasa berat digerakkan dan sulit mencetak gol.

Karena kejadian itu maka saya akhirnya membuat stats pemain sendiri, tidak peduli apakah itu bersifat objektif atau tidak.
PSD dan PCS dibuat berdasarkan hasil diskusi dari beberapa orang dan kadang2 stats-nya berubah sesuai masa dan perkembangan pemain itu sendiri di dunia nyata.
Sedangkan stats buatan saya adalah berdasarkan hasil pengetahuan saya dari hasil membaca, menonton dan mengikuti perkembangan sepakbola selama hampir 19 tahun.


Stats yang saya buat diambil dari penggabungan masa kejayaan pemain tersebut.
Contohnya Cristiano Ronaldo yang menggapai masa keemasan dengan berhasil meraih gelar Liga Champions pada tahun 2008 menurut saya pada saat itu memiliki speed yang tinggi namun stamina dan shot power-nya belum sekuat pada saat dia bermain di Real Madrid pada tahun 2012.
Begitu juga dengan Lionel Messi yang menurut saya pada tahun 2009 mempunyai kecepatan sangat tinggi namun belum memiliki shot technic, tendangan seakurat dan kemampuan tendangan bebas seperti pada 2012.
Karena stats versi saya menggabungkan semua masa kejayaan para pemain, maka apa yang tersaji pada stats pemain adalah titik puncak kehebatannya. Sehingga Lionel Messi memiliki speed maksimal dan kemampuan shot maksimal. Begitupula dengan Crsitiano Ronaldo yang berhak memiliki speed 2008 dan stamina 2012 dalam satu stats.

Demikianlah penjelasan mengenai PES stats player yang saya buat.

Stats yang saya buat semoga dapat menjadi referensi bagi para gamer yang berniat membuat stats pemain klasik.

Saya yakin kontroversi pasti ada karena penilaian setiap orang berbeda.
Diskusi dan masukan tetap saya terima untuk penyesuaian stats yang saya buat

No comments:

Post a Comment