Monday, December 8, 2014

Perbandingan kualitas film dari para Encoder, Ganool juaranya!

Dari hasil pengamatanku, urutan File Size film yang beredar di internet itu seperti ini:

Peringkat
Encoder
Asal
File Size
1
Scorp
India
Besar
2
Ganool
Indonesia
Medium
3
ShaaNiG
India
Medium
4
YIFY
Tidak Jelas
Medium
5
Nitro
Inggris, India, Pakistan
Kecil
6
ARNT
Turki
Lebih Kecil

Dan dari hasil pengamatanku sendiri, untuk kualitas, film keluaran Ganool yang paling bagus.

Saya pernah membandingkan antara Film The Hangover keluaran Scorp yang berukuran 900 MB dengan keluaran Ganool yang hanya berukuran 700 MB.
Dan hasilnya, walaupun berselisih 200 MB lebih kecil, file keluaran Ganool terlihat lebih detail dan terang.
Akhirnya film dari Scorp tersebut saya delete daripada penuh-penuhin hard disk.

Saya juga membandingkan antara Film Fury dari Scorp yang sizenya 1 GB dan dari YIFY yang sizenya 900 MB, hasilnya juga sama. Film YIFY terlihat lebih terang dibanding Scorp.

Saya melihat File dari YIFY, ShaaNiG dan Nitro suka bermain di Contrast sehingga terlihat lebih terang dibanding Scorp yang natural.

Film Fury keluaran Scorp terlihat lebih natural

Film Fury keluaran YIFY terlihat lebih terang contrast-nya






















Namun yang pasti adalah Film keluaran Scorp dan Ganool kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah pasti bagus dibanding yang lain. Karena kalau YIFY, walaupun lebih terang, blur atau kotak-kotak pixel gambarnya kadang-kadang masih terlihat bila mata kita jeli.

Jika disuruh memilih antara Scorp dan YIFY, saya memilih Scorp walaupun YIFY lebih terang. Sedangkan antara Scorp dan Ganool, saya memilih Ganool.

Kita mesti bangga karena kita punya encoder yang mempunyai kualitas yang lebih baik dan terkenal di dunia. Yaah walaupun juara bajakan sih. Tapi itu memperlihatkan bahwa tehnik anak-anak Indonesia tidak kalah dari orang luar.

Dari semua encoder, Ganool yang terbaik menurutku.
Dengan file size yang medium, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil tapi mempunyai gambar yang sangat jernih.
Jadi sekarang saya menetapkan kalau mau mendownload film, lebih baik di Ganool saja karena kualitas gambarnya sudah pasti memuaskan.

Scorp bagus namun sebagian besar file size nya lebih besar daripada Ganool.
Untuk apa mendownload lebih besar sedangkan kualitasnya tidak lebih baik dibanding Ganool kan?

Untuk film keluaran Nitro memang size nya lebih kecil, tapi bila diamati secara detail maka akan tampak jelas kekurangannya walaupun tidak seburuk ARNT. Nitro bagus untuk yang mengutamakan penghematan kapasitas hard disk.

Jadi kesimpulannya, Encoder film terbaik menurutku adalah Ganool.
Karya anak negeri yang mendunia...

16 comments:

  1. jangan terlalu bangga dulu....encoder Ganool itu ada kekurangannya...yang paling terlihat adalah gambar yg agak Gelap dibanding YIFY n terkadang suaranya juga kecil, n Ganool bisa berukuran medium karena menggunakan file berekstensi MKV, sedangkan YIFY walaupun ukuran lebih besar sedikit tapi menggunakan format MP4, jadi untuk media pemutaran saya rasa YIFY menang, n terbukti disemua situs torrent YIFY selalu jadi yg terbaik....bagi yg ga tau torrent mungkin akan ga setuju ama pendapat saya, ya itu semua terserah kalian...silakan bandingin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, kenapa YIFY selalu menggunakan format mp4?
      apa keunggulan mp4 dibanding mkv?

      Delete
    2. MP4 kualitas lebih baik dari MKV hanya saja ukuran lebih besar....klo MKV ukurannya aja yg lebih kecil...makanya ganool make MKV....n klo MP4 lebih support di banyak device...klo MKV jarang support dibanyak Device maupun player

      Delete
    3. MKV vs MP4:
      Kelebihan mkv:
      Fitur lebih banyak, size lebih kecil
      Kekurangan:
      Proses play video lebih berat, belum didukung banyak device

      Kelebihan mp4:
      Proses play enteng, format udah lama jadi didukung banyak device
      Kekurangan:
      Sizenya lebih gede dari mkv (untuk kualitas sama), fitur kalah dg mkv

      Delete
    4. terima kasih untuk infonya gan

      Delete
  2. Ganool suaranya trlalu halus gan .. Apalagi pas dialog .. Waktu adegan action lumayan sih .. Ane milih scorp atau yify dah .. Mau lbh bagus lagi banyak cuma gk kuat rata2 d atas 5GB

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ganool biasanya suaranya sangat kecil kalau lagi dialog, sehingga kalau diputar di tv dan suara dibesarkan, kita jadi kaget pas bunyi-bunyian efeknya atau lagi ada adegan menegangkan yang tiba2...

      Delete
  3. ane biasa dari RARbg ngambil film
    YiFY suaranya cuman 2 channel
    kalo ganool dia di encode ulang lagi file dri encoder luar IMO

    ReplyDelete
  4. Tapi sayang Ganool skr udh ditutup...😩

    ReplyDelete
  5. Tapi sayang Ganool skr udh ditutup...😩

    ReplyDelete
  6. official yify udah tutup gan. yang beredar tinggal situs2 yang ngaku2 yify.
    keunggulan yify karena filenya kecil, dan banyak film2 lawas, selain itu banyak seedernya (untuk torenting).
    kualitas suara yify dan ganool mirip, suaranya pelan klo dialog tapi masuk scene action, suaranya tiba2 nyaring.
    klo format ane prefer mkv karena ga repot cari subnya lg, dan bs embed sub sendiri jg yang berimbas filenya tidak perlu dibuatin folder sendiri dan tidak perlua kuatir sub nya tercecer selain itu ukuran file relatif kecil dari mp4.
    kualtas scorp lebih baik dari ganool, seperti tabel agan. tp ane menempatkan shaanig baru ganool.
    kelemahan contras yg terang, utk scene2 gelap,sering terlihat pixel2.
    untuk urusan sub indo, ganool lebih terjamin ketersediaanya dan lebih gampang didonlod krn filehostnya (biasanya) lokal.

    ReplyDelete
  7. [Readme Please!]

    Menurutku YIFY = 1st
    Filmxy = 2nd
    Ganool = 3rd

    #Ganool, Yang saya suka dari Ganool adalah pembaruannya atau paling update dalam mengupload film, tapi kekurangan ada 3: Pertama, 'Situs suka gati2' terhitung lebih dari 5, ia ubah nama, sekarang Ganool.ph
    Kedua, 'Download yang ribet', ada 3 situs download dan semua membutuhkan banyak proses untuk sekedar mulai mendownload
    Ketiga, 'Kualitas' mulai dari tampilan, terdapat tulisan di bawah kanan tampilan yang dapat mengurangi visual, lalu memilih format MKV ketimbang MP4, dalam suatu kasus ada kesalahan ketika kita lama tidak membuka film yang berformat MKV nantinya ada kejadian piksel pecah lalu frameskip, hal itu dapat mengurangi kenyamanan kita dalam menonton film.

    #Filmxy, menurut saya, belum banyak yang tahu tentang situs ini, situs ini menghadirkan banyak film yang sama seperti Ganool dan YIFY. Dari saya rating sudah bagus, bisa menjadi lawan berat bagi Ganool dan YIFY. Ada 2 kekurangan dari situs ini:
    Pertama, 'Situs sering diblok' entah kenapa situs download film ini lebih sering diblok, walau hanya sekedar situs film tapi suka diblok bagaikan situs p#rno
    Kedua, 'Download yang ribet', sama seperti Ganool, disini ada 3 situs download dan semua membutuhkan banyak proses untuk sekedar mulai mendownload

    #YIFY, Menurut saya YIFY yang terbaik, kenapa? banyak faktor yang menunjanhg YIFY menjadi situs download film terbaik menurut saya, mulai dari tampilan, kualitas visual, suara, ukuran file seakan sempurna, situs tidak sering diblok, tidak berganti nama, namun sekarang YTS.ag, kemudian yang paling saya suka dari YIFY adalah kecepatan download yang cepat, karena memakai torrent, terbukti bila saya mendownload film di YIFY dari jam 18:30-23:30 melalui koneksi Wifi bisa mendapat lebih dari 20 film BluRay 1080p dibawah 2GB, Kekurangannya hanya 1 : yaitu 'Kurang Update' bila dibanding Ganool dan Filmxy, YIFY lebih lama mengupload film BluRay 1080p, mungkin karna YIFY lebih mengutamakan kualitas ketimbang update.

    (For Your Informations)
    Sebagai pengoleksi film saya mepunyai 422 film dengan kualitas BluRay 1080p dengan format MP4 dan MKV walau ada beberapa yang 720p, semua film berukuran 678GB. Semuanya ditampung dalam Hardisk portable 1TB, selain itu saya juga hobi mengoleksi game terdapat 81 dengan ukuran 895GB, salah satunya GTA V yang berukuran 60GB. Sama halnya film, gamenya juga ditampung dalam Hardisk portable 1TB yang berbeda. Hobi mendownload Film dan Game sudah saya mulai dari Juli 2015 hingga kini 2016, jadi walau hanya 1 tahun sudah bisa mempunyai file sebanyak dan sebesar itu. Sekarang masih berlanjut, menulis komentar sebanyak ini juga sambil mendownload film, ada 8 film sekarang sudah selesai, dan semua film itu saya download di YIFY memakai utorrent v3.4.7. dan melalui koneksi Wifi Kampus... Nah Loh!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk info dan analisisnya, sangat bermanfaat

      Delete