Friday, January 29, 2016

Percaya, Film Tom Hanks Pasti Bagus

Dari sebelum saya menyukai nonton film, nama Tom Hanks sudah saya tahu.
Waktu itu saya hanya tahu nama saja tapi tidak pernah tahu orangnya yang mana.

Setelah menjadi penikmat dan pemerhati film pada tahun 2007 lalu, ditambah dengan era internet, akhirnya saya mulai mengetahui tampang orang ini.
Menurut saya dia tidak tampan seperti aktor-aktor kenamaan lainnya.
Saat masih mudapun, rambutnya bergaya jadul.
Kesan pertama, orang ini tidak menarik.
Tapi saya bertanya, kenapa orang ini sangat terkenal dan namanya sangat sering di sebut para pencinta film?

Sebenarnya film Tom Hanks yang pertama saya tonton adalah Catch Me If You Can, tapi waktu itu Saya belum mengenal siapa pengejar Leonardo Di Caprio itu.
Saya lebih fokus pada Leonardo di Caprio yang menjadi tokoh utama di film tersebut.

Film Tom Hanks yang pertama saya berniat nonton adalah Forrest Gump, 3 tahun lalu.
Kesan dari film pertama ini sangat luar biasa.
Drama yang penuh dengan sisi kemanusiaan.
Pikir saya waktu itu, mungkin kebetulan saja saya nonton yang bagus, lagian film ini memang sangat-sangat terkenal.
Saya masih tidak suka lihat tampangnya yang jadul.

Tom Hanks in Forrest Gump (1994).
Tampang Jadul

Di satu forum, saya melihat ada yang menyarankan  untuk menonton film Green Mile.
Karena katanya film itu sangat bagus.
Saya tertarik untuk mendownload dan menontonnya.
Amazing!, film ini kembali merasuk jiwa saya.
Film magic tidak masuk akal tapi sungguh manusiawi dan tidak lebay.
Di sini pendapat saya tentang tampang Tom Hanks mulai berubah, menurut saya tampangnya kebapakan dan memang ganteng.

Green Mile (1999) Movie Poster.
Tom Hanks jadi  kelihatan ganteng
Sebelum jadi pemerhati film, saya sudah sering mendengar tentang film Cast Away.
Katanya film tersebut sang aktor dengan luar biasa berhasil menurunkan berat badannya dengan drastis untuk syuting.
Saya tidak pernah tahu siapa sang aktor pemeran film tersebut dan menonton film tersebut sampai pada akhir 2014 lalu.
Kembali lagi, cerita yang luar biasa dengan aktor yang luar biasa, Tom Hanks.

Tom Hanks sebagai Chuck Noland
Cast Away (2000)
Kemudian lanjut dengan film misteri yang juga sangat terkenal, The Da Vinci Code yang luar biasa walaupun kabarnya film ini menuai banyak kontroversi dari segi cerita.

Tom Hanks and Audrey Tautou
in The Da Vinci Code (2006)

Setelah itu saya nonton Saving Private Ryan.
Dari 8 tahun sebelumnya saya sudah sangat sering melihat film ini ditayangkan berulang-ulang di HBO ataupun di TV swasta Indonesia.
Dalam keadaan apapun, saat makan di luar, di rumah teman, di rumah sendiri, lagi di bandara, saya sangat sering melihat film ini diputar, tapi saya tidak pernah melihatnya sampai habis, hanya beberapa detik saja.
Karena saya sudah menjadi suka dengan film-film dari Tom Hanks, akhirnya saya menonton film ini tahun lalu dan hasilnya kembali luar biasa.

Tom Hanks in Saving Private Ryan (1998)

Saya juga suka dengan film yang diambil dari kisah nyata, apalagi film tersebut masuk nominasi Oscar, akhirnya saya menonton film Tom Hanks yang satu ini, Captain Phillips.
Film ini masuk nominasi Oscar tahun 2013.
Di usianya yang tidak lagi muda, dia semakin matang dan hasilnya film ini, luar biasa!

Tom Hanks in Captain Phillips (2013).
luar biasa di usia yang tidak lagi muda

Terakhir saya menonton film Tom Hanks 2 hari yang lalu walaupun diawali dengan ragu-ragu karena covernya yang tampak seperti orang konyol.
Kebetulan saya tidak suka dengan film dengan tokoh utama anak-anak, bayi ataupun hewan yang luar biasa pintar.
Saya awalnya berpikir demikian, film ini pasti lebay.
Film yang mengendap dalam hard disk selama 2 tahun.
Film itu adalah Big, buatan tahun 1988 di mana Tom masih lumayan muda.
Ternyata saya salah, film ini bukan film anak-anak biasa.
Film ini sangat luar biasa!



Memang pernah saya menonton film Tom Hanks  yang mengecewakan yaitu Cloud Atlas (2012) dan Extremely Loud & Incredibly Close (2011).
Di Film Extremely Loud & Incredibly Close memang Tom Hanks bukan tokoh utama dan hanya tampil 10 menit.

Entah saya yang mungkin sulit mengerti akan kedua film ini.
Cloud Atlas punya rating 7,5 di IMDB dan meraih 16 penghargaan dari 69 nominasi festival film di dunia, sedangkan Extremely Loud & Incredibly Close masuk nominasi Oscar untuk Best Picture pada tahun tahun 2011 membuktikan bahwa para pencinta film menganggap kedua film ini hebat.
Mungkin film ini terlalu rumit buat saya dan hanya dimengerti oleh orang-orang tertentu....

Terlepas dari itu semua, diawali dengan ekspektasi yang buruk dengan tampangnya, Tom Hanks telah membalikkan semua praduga saya.
Film-filmnya yang pernah saya tonton semua luar biasa.
Bahkan film anak-anak yang tidak menarik buat saya akhirnya jadi luar biasa.
Big, film anak-anak yang dibuat menarik oleh Tom Hanks.

Akhirnya sekarang saya semakin percaya bahwa film-film yang dibintangi Tom Hanks pasti bagus.
Walaupun tidak seganteng aktor-aktor lainya.
Saya nobatkan dia sebagai AKTOR SPESIALIS FILM BAGUS !


No comments:

Post a Comment