Wednesday, January 31, 2018

Pengamatan Amatir Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon


Malam ini terjadi gerhana bulan langka yang terjadi setiap 152 tahun sekali. Kenapa langka? Karena gerhana bulannya total, terjadi pada supermoon, dan terjadi pada blue moon atau bulan baru yang terjadi untuk kedua kalinya dalam tempo satu bulan. Sehingga gerhana bulan kali ini dinamakan Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon!

Tidak punya kamera canggih bukanlah penghalang. Bukan kualitas yang dicari tapi hanya sekedar mendokumentasikan yang terjadi, bukti bahwa saya pernah melihat kejadian langka ini. Sehingga layaklah kalau dinamakan pengamatan kali ini sebagai Pengamatan Amatir!

Yang saya herankan dari gerhana bulan ataupun bulan-bulan biasa, pokoknya yang namanya gravitasi bulan adalah bahwa dia mampu menarik air laut yang triliunan ton, tapi tidak bisa menarik seinci pun air minum dalam gelas terbuka yang ditaruh di luar rumah!

Coba kamu duduk-duduk di halaman rumah sambil ngopi, apa air kopimu tiba-tiba tertarik sama gravitasi bulan? Ahhh itukan hanya sebentar? Oke, silahkan taruh semalaman dan lihat keesokan paginya apa air kopimu langsung lenyap berjatuhan di tanah karena ditarik gravitasi bulan? think it man? Saya masih bertanya-tanya tentang teori kemampuan bulan ini, but apapun itu, sudahlah, hari ini saya hanya ingin mengabadikan momen langka ini!

No comments:

Post a Comment