Friday, December 6, 2019

Aplikasi Tidak Sanggup Menyusun Silsilah Keluarga Ini Karena


Sudah lama saya ingin menulis ini, tapi baru sempat sekarang.
Sejak 2013 saya tertarik untuk mengumpulkan dan mencari tahu lebih banyak tentang silsilah keluargaku dari sisi ayah dari ibuku. Keluarga Besar La Meko, Maa Aosa atau Meume.

Diawali dengan menulis tentang hal tersebut di blog ini (klik di sini), kemudian membuat grup Facebook, dan terakhir dengan membuat grup WA sekitar 3 tahun lalu.

Sejak beberapa tahun lalu juga saya ingin menyusun silsilah keluarga ini. Datanya saya dapatkan dari catatan yang ada di grup facebook, tapi sekarang tulisan tersebut sudah tidak ada, mungkin dihapus oleh yang posting.

Saya beberapakali mencoba aplikasi pohon keluarga, tapi hanya Ahnenblatt dan Simple Family Tree yang berkenan di hatiku. Dan diantara Ahnenblatt dan Simple Family Tree itu, saya lebih suka Simple Family Tree karena tampilannya lebih sederhana dan gampang dimengerti, tapi o o sayang sekali aplikasi tersebut masih belum bisa menunjang pembuatan silsilah keluarga ini dikarenakan dia hanya bisa menampung maksimal 6 orang istri, sementara kakek buyutku ada yang beristri 20 lebih, itu yang tercatat sampai saat ini, belum kalau ada data baru lagi yang ditemukan.

Hasil dari Aplikasi simple Family Tree

Beberapa aplikasi telah saya coba tapi memang tidak ada yang menunjang sampai banyak istri seperti itu, itulah kendala yang saya alami sampai saat ini, tapi itu semua tidak menghalangi saya untuk membuatnya, saya tetap berusaha membuatnya dengan mengakali pencatatannya pada aplikasi tersebut.

Saya sangat berharap teman-teman di dunia maya yang membaca tulisan ini dapat memberikan solusi buat saya. Mungkin ada yang tahu aplikasi yang dapat mengakomodir itu semua.

No comments:

Post a Comment