Thursday, January 9, 2020

Mulai Merambah Ke PES Versi PC - Edit Database PES 2013 Versi PC

Sudah lama sekali saya tidak bermain game PES PS2, melihat rekaman yang saya punya, terakhir saya bermain pada bulan Mei 2019 atau sudah 7 bulan yang lalu.

Dengan begitu artinya sudah lama juga saya tidak membuat konten tentang game PES PS2, padahal saya ingin sekali membuatnya namun terkendala waktu dan kesempatan.

Ada satu masalah dengan Game PES PS2 yang saya punya dan telah saya buat databasenya sejak tahun 2009 yang lalu, yaitu saya tidak bisa lagi membuat pemain baru karena databasenya sudah penuh. Pemain yang tidak saya tahu atau sukai akan saya replace dengan pemain yang saya tahu, baik yang sudah pensiun ataupun pemain baru yang tidak ada sebelumnya di bawaan Game PES PS2 yang saya punya.

Sayang sekali bila harus melakukan replace lagi terhadap pemain yang ada karena pemain-pemain yang ada sudah merupakan pemain pilihan saya. Saya memang ingin membuat Game PES versi saya sendiri, yaitu tempat berkumpulnya pemain-pemain hebat di seluruh dunia dari yang sudah pensiun maupun yang baru muncul dengan stats terbaik atau dengan stats di kondisi prima pemain tersebut.

Akhirnya kemarin saya mencoba menginstal PES 2013 versi PC yang 3 bulan lalu saya download.
Memang dilema saya di game PES PS2 sudah terjadi jauh sebelum itu. Jauh sebelumnya saya sudah berpikiran, bagaimana nanti kalau database Game PES PS2 ini penuh karena jumlah player maksimal hanya 4 ribu, sedangkan pemain baru yang bagus terus bermunculan?

Jadi saya pikir suatu saat nanti saya akan mentok dan harus beralih ke versi PC karena database versi PC lebih besar, jumlah pemainnya mencapai 11 ribu, dengan demikian saya bisa terus membuat pemain-pemain yang saya inginkan yang sudah tidak bisa lagi saya buat di versi PS2.

Akhirnya saya mendownload PES 2013 versi PC 3 bulan yang lalu, dan juga mendownload patchnya agar semua tim jadi berlisensi dan juga tambahan preset face yang banyak.
 
Kenapa PES 2013?
Karena saya sudah baca-baca sebelumnya kalau seri 2013 adalah seri terbaik dari PES versi PC, dan banyak yang belum bisa move on darinya.

Maksudnya terbaik, bukan berarti lebih baik dari versi setelahnya, tentu saja grafik dan gameplay terus berkembang, tapi maksud saya adalah terbaik bagi yang masih ingin bermain game PES di PC dengan rasa yang tidak terlalu jauh berbeda dengan PS2.

Sekali waktu, mungkin sekitar 4 tahun lalu saya pernah diajak bermain oleh seorang teman, Game PES 2017 kalau tidak salah, dan saya benar-benar tidak bisa menikmatinya karena saya merasa gameplaynya terlalu riil dan saya tidak mau seperti itu, saya ingin bermain game adalah untuk fun bukan untuk menjadi riil layaknya di dunia nyata, saya ingin bermain game tidak kehilangan unsur funnya.

Jadi setelah membaca-baca di internet, saya menjatuhkan pilihan ke PES 2013.

Setelah saya instal dan coba mainkan, ternyata memang benar, gameplaynya tidak sesulit game PES yang pernah saya mainkan bersama teman saya beberapa tahun lalu.

Saya tidak bisa katakan saya beralih ke PES versi PC, mungkin merambah tepatnya, mengorek sedikit demi sedikit dulu, karena masih banyak keperluan saya di game versi PS2, makanya judul tulisan ini saya namakan demikian.

Tapi ada satu masalah yang saya alami saat melihat database pemain di PES 2013 versi PC.
Karena game tersebut diluncurkan pada tahun 2012 maka tentu saja pemain-pemain yang hebat di tahun 2000-an mulai memasuki masa senja dan statsnya sudah menurun. Sedangkan di game PES PS2 yang saya punya, semua pemain dalam kondisi prima. Jadi saya ingin hal tersebut terjadi juga di game versi PC.

Jadi mulailah saya mengutak-atik game PC yang baru pertamakali saya lihat ini.
Mulai dari kemarin saya sibuk mencari tahu cara mengedit database versi PC ini, yang saya dapati adalah dengan mengedit Option Filenya, saya belum mendapati langsung mengedit ke databasenya.

Kenapa saya ingin mengedit langsung ke databasenya?
Agar saya tidak ketergantungan dengan Option File, artinya di saat game tersebut saya nyalakan, sudah otomatis databasenya seperti itu walaupun tanpa Option File.

Hari ini saya mulai mengutak-atik Option Filenya, mencoba cara termudah dan tercepat untuk mengeditnya.

Saya mulai mengumpulkan tools yang diperlukan seperti PES 2013 Ultimate Editor.
Saya menemukan menu yang sama dengan PES editor versi PS2 yaitu impor dan ekspor file csv.
Akhirnya saya mengedit lewat cara itu.
Option File PS2 saya ekspor csv.
Option File PC saya ekspor csv.

Kemudian karena kolom statsnya tidak sama antara versi PS2 dan versi PC, saya kemdian menyesuaikan kolom di versi PS2 agar sama dengan versi PC, agar lebih mudah saya melakukan copy paste.

Jadi cara kerjanya adalah saya copy stats dari file csv PS2 dan saya pastekan ke versi PC.
Saya save file csv versi PC tersebut, dan kemudian saya buka PES 2013 Ultimate Editor dan saya impor file csv tersebut.

Kita lihat gambar di bawah ini adalah 2 file csv yang saya copy pastekan.
Saya ambil contoh stats Michael Owen.


Dan ini adalah hasilnya, stats Michael Owen yang sudah menurun jadi meningkat lagi seperti di saat kondisinya masih prima dan berada di puncak permainannya.
Sebelumnya rataan statsnya hanya 73 dan sekarang sudah menjadi 87.

 
Tapi saya merasa cara di atas masih terlalu lama karena harus melakukan copy paste satu persatu.
Saya berpikir untuk melakukan copy paste dengan rumus vlookup.
Tapi tentu saja hal yang pertama saya lakukan adalah dengan menyamakan kolom nama-nama pemain terlebih dahulu.

Yah, itulah curhatan saya kali ini, mudah-mudahan saya bisa membuat database versi PC seperti yang saya inginkan dengan waktu yang tidak terlalu lama.

4 comments:

  1. Many men and women struggle with drug and alcohol use flakka withdrawal along with mental illness. In 2018, an estimated 9.2 million people in the U.S. struggled with co-occurring disorders like this, according to the Substance Abuse and mental Health Services Administration

    ReplyDelete
  2. what is a halfway home
    This is a hallucinogenic drug. This means that when consumed, it causes the user to have unusual experiences such as hearing sounds, seeing illusions, and feeling things that are not actually there. A drug with an extensive history of both medicinal and recreational use, LSD use does not come without risks. An acid trip can last 12 hours or more, and when it goes wrong it can go terribly wrong. This substance is common at raves, parties, and music festivals, so knowing what acid looks like and understanding the risks is imperative, especially for young adults and teenagers.

    ReplyDelete
  3. The We Level Up FL united healthcare mental health coverage emotional wellness community is an exceptionally particular, present day, forward-thinking office giving imaginative conduct recuperation treatment programs. Treatments happen in a serene manicured setting with open air unwinding regions offering restoration spaces. Giving science-based psychological wellness medicines intended for every customer and conveyed through profoundly customized individual consideration.

    ReplyDelete
  4. The can alcoholic neuropathy improve stage is the initial phase in treating liquor addiction. Withdrawal indications normally die down inside around one to about fourteen days subsequent to beginning detox; be that as it may, this could take longer relying upon the seriousness of your Alcohol Use Disorder (AUD). From that point, you will actually want to zero in on different parts of the recuperation cycle, like various exercises, treatments, advising meetings, and backing choices.

    ReplyDelete